Sejarah Singkat Kedaton Kesultanan Bacan


Sejarah singkat

Kesultanan bacan adalah termasuk dari empat kesultanan (Kie Raha) yang ada diMaluku Utara. Keraton Sultan Bacan ini terletak di kelurahan/kota Labuha. Kecamatan Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan-koordinat Geografis UTM Zona 52 S X: 0330777, atau tepatnya sedikit ke arah timur dari mesjid sultan Bacan.
Menurut catatan sejarah Kesultanan Bacan berdiri sejak tahun 1322. Awalnya kerajaan ini berada di Pulau Kasiruta  yang kemudian berpindah ke Pulau Bacan.
Kesultanan Bacan memiliki Peran Penting sebagai Pemasok Barang-Barang Pangan Untuk Seluruh Wilayah Maluku Utara.

Kini Bangunan dari kesultanan Bacan hanya tinggal Keraton sultan Bacan sebagai bangunan terakhir yang ditinggali. Bangunan keraton yang lama telah Habis terbakar ketika pemerintah Kolonial Belanda Berhasil Menguasai Pulau Bacan. Bangunan Keraton yang sekarang ini sekilas menyerupai rumah tinggal biasa. Akan tetapi, bila diperhatikan lebih seksama lagi, Gaya arsitekturnya masih menunjukkan ciri-ciri arsitekur gaya kolonial kuno Pada bagian atap dan jendela-jendela yang ada.






Berdamai dengan Masa lalu membangun kesadaran.
Cagar budaya adalah Warisan Budaya yang bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, Bangunan cagar Budaya, struktur cagar budaya, di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki Nilai penting bagi sejarah, Ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.
Kedaton kesultanan Bacan merupakan Cagar budaya dan dilindungi oleh Undang-Undang RI Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, yaitu pasal 3, pasal 56, pasal 66 dan 105.

Itulah sedikit sejarah singkat mengenai kedaton kesultanan Bacan dan masih panjang lanjutan ceritanya jika anda ingin lebih ingin tau mendalam lagi silahkan anda berkunjung Di Maluku Utara kepulauan Bacan Halmahera selatan.
  
terima kasih atas kunjungannya di blog in >> Syamsulk Blog

Ditulis Oleh : Unknown..

Makasih sudah membaca tentang Sejarah Singkat Kedaton Kesultanan Bacan Dibuat Oleh Unknown, Kamu diperbolehkan menyebarluaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya!

:: Syamsul Bahri ::

Share 'Sejarah Singkat Kedaton Kesultanan Bacan' On ...

Belum ada komentar untuk "Sejarah Singkat Kedaton Kesultanan Bacan"

Posting Komentar

Silahkan komentar untuk memberikan respon atau pertanyaan. Selain itu usahakan memperhatikan aturan berikut:
• Gunakan Bahasa Yang Baik, Jelas Dan Sopan
• Dilarang Meninggalkan Link Hidup
• Berkomentarlah Sesuai/ Relevan Dengan Topik
• Dilarang SPAM dan Promosi

KOMENTAR YANG MENYERTAKAN IKLAN, LINK AKTIF ATAU TITIP LINK AKAN DIMASUKKAN KE FOLDER SPAM